Pengikut

Kamis, 22 November 2012

Tetap Fit Saat Terik Panas Menyengat

        Global warming telah membuat cuaca semakin tidak menentu, termasuk membuat suhu udara semakin panas menyengat. Bagaimana tip agar tubuh tetap fit saat panas terik menyengat?




        Tahukah Anda, gelombang udara panas telah menyebabkan risiko kematian lebih tinggi daripada bencana alam lainnya di Amerika Serikat? Kondisi tersebut tidak bisa kita remehkan begitu saja, karena kondisi tersebut sangat mungkin terjadi di negara tropis seperti Indonesia.
Lantas bagaimana langkah yang tepat agar tetap fit saat suhu udara panas menyengat?
  1. Hindari Aktivitas Berlebihan di Luar Ruangan
    Saat cuaca terlihat cerah Anda mungkin tertarik untuk pergi keluar dan beraktivitas di lua ruangan bersama orang-orang terdekat Anda. Namun jangan remehkan sengatan panasnya sinar matahari karena keselamatan Anda benar-benar bisa terancam terutama sekali saat udar menjadi lembab dan suhu sangat tinggi. Karenanya jika tidak penting sekali, beraktivitaslah di dalam ruangan berpendingin udara.
  2. Siapkan Air Minum dan Minum Secara Berkala
    Jika Anda terpaksa harus keluar saat udara panas, bawalah air minum dalam kemasan yang sudah Anda dinginka dalam lemari pendingin sebelumnya. Minumlah secara berkala karena ancaman overheating dan dehidrasi dapa terjadi tanpa Anda sadari. Air mineral adalah yang terbaik. Hindari minuman manis, bersoda, dan beralkohol.
  3. Gunakan Baju yang Menyerap Keringat
    Panas lebih mudah terperangkap dalam baju berwarna gelap dan berbahan berat. Jangan lupa pula gunakan topi, payung, dan kacamata hitam Anda. Pengendara motor juga harus memakai sarung tangan dan masker.
  4. Oleskan Sunblock atau Sunscreen
    Selain membuat kulit Anda menjadi gelap, panas menyengat juga bisa menyebabkan penyakit kulit, termasuk kanker kulit. Pastikan untuk mengoleskan tabir surya dengan tingkat SPF minimal 15. Semakin tinggi kadar SPF maka akan semakin baik bekerja.
  5. Beraktivitaslah di Luar Ruangan saat Pagi dan Sore
    Suhu udara pagi dan sore lebih kondusif dariapda siang hari. Karenanya pilihlah kedua waktu tersebut jika ingin beraktivitas di luar, terutama saat Anda merencanakan untuk berolahraga.
  6. Update Berita Terbaru Suhu Udara
    Manfaatkanlah akun twitter dari BMKG untuk mengetahui informasi terbaru cuaca dan suhu udara. Cek informasi tersebut secara berkala. Belilah termometer untuk mengetahui suhu udara jika Anda tidak memiliki akses informasi cuaca terbaru. Gelombang udara panas dianggap berbahaya jika selama 3 hari atau lebih telah terjadi peningkatan suhu sebesar 5 derajat dari suhu normal rata-rata.
      Pastikan Anda senantiasa sadar dan berjaga-jaga dari serangan gelombang udara panas. Semoga tip di atas dapat membantu Anda tetap fit beraktivitas di suhu udara yang kian panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar